Langsung ke konten utama

PAKET CATERING AQIQAH LEMBANG BANDUNG | CATERING AQIQAH

PAKET CATERING AQIQAH LEMBANG BANDUNG | CATERING AQIQAH WWW.CATERINGIBUYATI.BLOGSPOT.COM

PAKET CATERING AQIQAH LEMBANG BANDUNG | CATERING AQIQAH. Aqiqah adalah sebuah tradisi dalam agama Islam yang diwajibkan untuk para orang tua yang telah melahirkan anaknya dengan selamat kedunia, baik itu yang laki-laki ataupun perempuan. Perintah Aqiqah telah disabdakan oleh Nabi Muhammad ﷺ di dalam hadis.


Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya di sembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” [Shahih, Hadits Riwayat Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa’I 7/166, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/7-8, 17-18, 22, Ad Darimi 2/81, dan lain-lainnya].

KLIK DISINI UNTUK PEMESANAN CATERING AQIQAH

Tujuan adanya tradisi Aqiqah ini bukan lain untuk pengungkapan rasa syukur kita kepada Alloh Subhanhu wat'ala yang mana telah memberi kelancaran dan rezeki melimpah dengan kelahirannya sibuah hati, selain itu hikmah dibalik tradisi Aqiqah ini adalah untuk bisa saling berbagi kepada sanak saudara ataupun orang yang membutuhkan.

PAKET CATERING AQIQAH LEMBANG BANDUNG | CATERING AQIQAH

  • TATA CARA AQIQAH
1. Waktu Pelaksanaan
Hari pelaksanaan ibadah ini biasanya dilakukan 7 hari setelah lahir, bisa juga dilaksanakan 14 hari atau 21 hari setelahnya. sebagaimana hadis Nabi Muhammad ﷺ. Abdullah bin Buraidah dari ayahnya, menyatakan bahwa Nabi Muhammad ﷺ bersabda, "Aqiqah itu disembelih dihari ke 7 atau hari ke 14 atau ke 21 (HR. Baihaqi).
Namun tidak masalah apabila aqiqah dilakukan di waktu yang lainnya. Tidak perlu terpaku pada hari ketujuh beserta kelpitannya, apabila kondisi orangtua memiliki kesulitan finansial, maka aqiqah bisa dikondisikan pada waktu dimanan orang tua tersebut mampu untuk melakukan ibadah Aqiqah.

KLIK DISINI UNTUK PEMESANAN CATERING AQIQAH

2. Jumlah Hewan 
Ada perbedaan jumlah hewan yang disembelih antra anak yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Bagi anak laki-laki yang baru dilahirkan, maka aqiqahnya adalah dengan menyembelih 2(dua) ekor kambing. Adapun untuk anak perempuan diaqiqahkan dengan hanya 1 (satu) ekor kambing.

Sebagaimana pada hadist Nabi Muhammad ﷺ. Rasulullah bersabda, "Bayi laki-laki diaqiqahkan dengan 2 (dua) kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing." [Shahih, Hadits Riwayat Ahmad]

3. Mencukur Rambut Bayi
Setelah penyembelihan hewan kambing telah dilaksanakan, maka ibadah selanjutnya adalah dengan mencukuri/menggunduli kepala bayi.

Sebagaimana hadist Nabi Muhammad , "Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya." [Shahih, Hadist Riwayat Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa'I 7/66, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/7-8, 17-18, 22, Ad Darimi 2/81, dan lainnya].

4. Melumuri Dengan Minyak Wangi
Setelah kepala bayi digunduli, maka kepalanya bisa dilumuri dengan minyak wangi. Ini berbeda disaat zaman jahiliah.

Dizaman Jahiliah, kepala bayi biasanya dilumuri oleh darah kambing sedangkan dalam Islam dilumuri oleh minyak wangi.

5. Bersedekah
Terakhir adalah dengan bersedekah. Perhitungan sedekah tersebut diambil dari berat rambut si bayi yang rambutnya dipotong.

Setelah rambutnya dipotong, maka rambut tersebut  dikumpulkan kemudian dikonversi dalam bentuk perak.

Katakanlah setelah dipotong terkumpul beratnya sebanyak 2 gram. Maka, pemilik harus bersedekah perak sebanyak 2 gram atau yang senilai dengan itu.

Demikian penjelasan tentang asal muasal adanya aqiqah, tujuan dan tata caranya semoga semua ilmu tersebut menjadi manfaat untuk kita semua.

Apabila anda membutuhkan hewan domba atau kambing untuk keperluan Aqiqah bisa langsung hubungi kami di KLIK DISINI  .Dengan harga Dibawah 1 ( Satu ) Juta, hewan berkualitas, dan dilengkapi dengan sertifikat. maka tunggu apalagi langsung saja hubungi kami untuk pemesanan.

   f            
Selain menyediakan Paket Catering untuk Aqiqah kami juga menyediakan domba hidup untuk kebutuhan :
1. Qurban
2. Kambing Guling
3. Peliharaan
4. Aqiqah
5. dan lainnya.

Untuk informasi Paket Catering Aqiqah lebih lanjut bisa hubungi langsung ke admin kami

BACA JUGA :
Facebook

Postingan populer dari blog ini

CATERING LEMBANG BANDUNG | PAKET BOX CATERING ENAK MURAH DAN BERSIH

CATERING LEMBANG BANDUNG | PAKET BOX CATERING ENAK MURAH DAN BERSIH.   IBU YATI CATERING Lembang menyediakan juga Paket Nasi Box dengan berbagai Paket dan Variant, berbagai macam jenis masakan dan harga bisa menjadi pilihan disaat kegiatan anda berlangsung seperti :

7 RESEP AYAM GEPREK PEDAS YANG NIKMAT | CATERING LEMBANG BANDUNG

IBU YATI CATERING  tidak hanya menyediakan suguhan menu catering yang terbilang berat dalam komposisi bumbu, tapi IBU YATI CATERING pun memiliki paket yang ringan di lidah dan pastinya ringan di dopet, salah satunya olahan daging ayam yakni  AYAM GEPREK CRISPY dengan berbagai jenis sambal.  Olahan daging ayam memang menjadi salah satu menu makanan favorit. Mulai dari olahan ayam semur, ayam bakar kecap, ayam ungkep hingga ayam goreng. Saat ini ayam goreng disajikan dalam menu ayam geprek, yang memang jadi primadona pecinta cita rasa pedas. Rasa pedas dari sambel dipadukan dengan ayam goreng sangat menggugah selera, akan membuat ngiler setiap mata yang memandangnya.

CATERING LEBARAN DI BANDUNG | CATERING IBU YATI LEMBANG

CATERING LEBARAN DI DAERAH BANDUNG . Saat sebagian masyarakat perkotaan, Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri identik dengan pulang kampung. Acara halal bi halal dan silaturahmi antar keluarga sekaligus acara REUNI menjadi budaya kental di tengah keluarga.