Langsung ke konten utama

JAJANAN TRADISIONAL YANG LEZAT | KATERING LEMBANG, BANDUNG

GORENGAN YANG MENGGUGAH SELERA DAN SELALU KETAGIHAN


Renyah gurih mengundang selera
jajanan murah meriah tuk siapa saja
apabila hanya rasa yang selalu dimanja
abaikan minyak goreng jlantah adanya
itulah sekilas kisah gorengan bersahaja
sejatinya memang camilan kaum dhuafa


namun berbeda dengan saat tahun politik
gorengan politik di media tak kalah menarik
informasi dan kabar tak jelas diputar balik
hingga yang terkena matanya mendelik
permainan nalar terbalik para politikus licik
senantiasa tiada pernah dengan itikat baik

gorengan bermuatan hoax paling trendi
senjata andalan para politisi miskin visi
yang penting bisa mengaduk-aduk emosi
tak punya prestasi maka hanya umbar janji

sejatinya rakyat negeri ini semakin cerdik
pilih gorengan nyata kemripik bukan intrik.

  Itulah salah satu cuitan seorang bloger yang mengisahkan tentang nikmatnya sebuah gorengan.


  Gorengan memang nikmat bagi orang indonesia bahkan orang luarpun ikut menikmatinya, berbagai jenis gorengan seperti Tempe, Gehu, Bala-Bala, Pisang Goreng dll berhasil menggugah selera orang yang melihatnya, apalagi jika digabung dengan cabe atau saus pedas.

  Dibalik kenikmatannya ada kandungan yang tidak baik bagi tubuh manusia, yakni minyak yang akan menyebabkan kolesterol bila mengkonsumsinya berlebihan. bila terkena kolesterol penyakit yang lainnya akan cepat menghampiri.

  Tapi walaupun begitu banyak penggemar gorengan menghiraukannya, terdengar kocak sih tapi ya bagaimanalagi gorengan sudah sangat melekat dikehidupan orang Indonesia. Tapi kenapa ya gorengan selalu membuat orang yang melihatnya dan merasaknnya ketagihan ?.

  Menurut penelitian ternyata saat kita memakan gorengan dalam proses penggorengan itu menghasilkan lemak trans, nah lemka trans ini bertemu dengan saliva dan menyentuh rongga mulut kita akan menimbulkan rasa ketagihan.


    Namun jangan khawatir sebenarnya ada cara untuk dapat menikmati gorengan secara lebih sehat, berikut tipsnya :

1. Hindari Penggunaan Minyak Jelantah

  Minyak goreng memang bisa digunakan beberapa kali, namun sebaiknya berhenti menggunakan minyak goreng jika warna dan aromanya sudah berubah. Ini karena minyak goreng yang telah menurun kualitasnya akan membentuk senyawa dan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Minyak yang telah digunakan berulang kali juga memiliki kandungan akrilamida yang dalam jangka waktu panjang bisa memicu kanker. Jadi, jangan lagi gunakan minyak goreng yang telah 2-3 kali dipakai ya. Apalagi kalau mau memakai minyak jelantah untuk membuat gorengan, minyak jelantah dapat merusak cita rasa dan aroma gorengan.

2. Pilih Minyak Goreng yang Tepat

  Pilih minyak goreng yang mengandung asam lemak tak jenuh dan titik didih tinggi seperti minyak zaitun dan minyak biji bunga matahari sehingga aman digunakan untuk menggoreng. Ini juga akan membuat aneka gorengan milikmu jadi lebih sehat. Jika tak menemukan keduanya, untuk opsi lain kamu juga bisa menggunakan minyak goreng sehat yang kini banyak dijual di pasaran, salah satunya Minyak Goreng Kelapa Premium dari Lemonilo. Minyak goreng ini dibuat dengan sistem pendiaman dan penyaringan secara tradisional menggunakan tangan, tanpa penambahan kimia dan tidak melalui proses pemanasan apapun sehingga nutrisi di dalamnya terjaga secara maksimal. 

3. Gunakan Tepung yang Tepat

  Tepung terigu serbaguna sering dijadikan pilihan untuk membuat adonan gorengan. Padahal kandungan gluten dalam tepung terigu bisa membuat gorengan menyerap lebih banyak minyak sehingga gorengan yang kamu buat akan mengandung lebih banyak lemak. Karena itu, untuk membuat gorengan sehat mulai ganti tepung terigu dengan tepung bebas gluten seperti tepung jagung atau tepung beras, ya!

4. Baking Soda dalam Adonan Tepung

  Untuk menciptakan sajian aneka gorengan yang lebih sehat, tips lain yang bisa Lemonizen lakukan adalah dengan menambahkan baking soda ke dalam adonan tepung. Baking soda akan membuat gorengan menjadi lebih garing dan renyah. Pun, penambahan baking soda juga akan membuat gorengan menyerap lebih sedikit minyak sehingga terhindar dari lemak.

5. Jaga Suhu Minyak Goreng

  Suhu ideal untuk membuat gorengan yang renyah adalah sekitar 160-200 derajat celcius. Jika kamu mengolah gorengan dengan minyak yang kurang panas, minyak akan diserap lebih banyak pada makanan olahan dan membuatnya jadi kurang renyah. Sebaliknya, jika  minyak goreng yang digunakan terlalu panas, gorengan juga akan menjadi terlalu matang. That’s why penting bagi kamu untuk selalu menjaga suhu minyak goreng saat sedang memasak atau bikin gorengan.

6. Buang Minyak Berlebih

  Setelah selesai menggoreng, tiriskan gorengan dengan baik sebelum menyajikannya. Pastikan minyak berlebih pada gorengan yang baru diangkat sudah lebih dulu dibuang. Cara meniriskannya bisa dengan meletakkan tisu di atas piring saji, sehingga sisa minyak berlebih dapat diserap. Tak hanya lebih nikmat disantap, gorengan yang tidak mengandung terlalu banyak minyak juga lebih baik untuk kesehatan. 

7. Gunakan Bahan Makanan yang Lebih Sehat

  Gorengan yang bisa kamu sajikan bisa beragam jenisnya, olahan dan campuran yang bisa ditambahkan juga beraneka macam. Untuk membuat gorengan yang lebih sehat, baiknya pilih bahan olahan yang kaya kandungan gizi, misalnya sayur atau buah-buahan. Pisang goreng, bakwan sayur, atau brokoli goreng cocok untuk dijadikan ide menu gorengan yang bisa disajikan untuk jadi camilan sehatmu.

  Meskipun gorengan yang dibuat sendiri tampak lebih sehat, kamu tetap harus membatasi konsumsinya karena dapat memicu munculnya berbagai masalah kesehatan. Agar gorengan yang kamu buat semakin aman dikonsumsi, pastikan juga untuk selalu menggunakan minyak goreng sehat seperti produk minyak Lemonilo

  Sekarang nggak perlu takut lagi mengonsumsi aneka gorengan favorit asalkan tahu cara mengolah yang tepat dan sehat!

  Nah bila kalian sedang berwisata di Lembang atau Bandung dan butuh makanan yang sehat sekaligus lezat boleh ni lihat-lihat IBU YATI CATERING jasa katering yang enak dan berkualitas namun harga tetap bersaing.




  Okk deh segitu dulu ya info dari mimin tentang makanan lezatnya, tunggu update blog terbarunya yang pastinya akan bermanfaat untuk semuanya.👌

Postingan populer dari blog ini

CATERING LEMBANG BANDUNG | PAKET BOX CATERING ENAK MURAH DAN BERSIH

CATERING LEMBANG BANDUNG | PAKET BOX CATERING ENAK MURAH DAN BERSIH.   IBU YATI CATERING Lembang menyediakan juga Paket Nasi Box dengan berbagai Paket dan Variant, berbagai macam jenis masakan dan harga bisa menjadi pilihan disaat kegiatan anda berlangsung seperti :

7 RESEP AYAM GEPREK PEDAS YANG NIKMAT | CATERING LEMBANG BANDUNG

IBU YATI CATERING  tidak hanya menyediakan suguhan menu catering yang terbilang berat dalam komposisi bumbu, tapi IBU YATI CATERING pun memiliki paket yang ringan di lidah dan pastinya ringan di dopet, salah satunya olahan daging ayam yakni  AYAM GEPREK CRISPY dengan berbagai jenis sambal.  Olahan daging ayam memang menjadi salah satu menu makanan favorit. Mulai dari olahan ayam semur, ayam bakar kecap, ayam ungkep hingga ayam goreng. Saat ini ayam goreng disajikan dalam menu ayam geprek, yang memang jadi primadona pecinta cita rasa pedas. Rasa pedas dari sambel dipadukan dengan ayam goreng sangat menggugah selera, akan membuat ngiler setiap mata yang memandangnya.

CATERING LEBARAN DI BANDUNG | CATERING IBU YATI LEMBANG

CATERING LEBARAN DI DAERAH BANDUNG . Saat sebagian masyarakat perkotaan, Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri identik dengan pulang kampung. Acara halal bi halal dan silaturahmi antar keluarga sekaligus acara REUNI menjadi budaya kental di tengah keluarga.